Friday 22 February 2013

Jangan Beri Bayi Ini Sebelum 1 Tahun

Hatu-hati ya Bu, sebaiknya ibu jangan kasi ini ke baby sebelum 12 bulan.

Madu

Madu sebaiknya tidak diberikan pada bayi berumur kurang dari satu tahun, karena mungkin mengandung racun botulisme, yakni racun dari spora bakteri Clostridium botulinum. Dikutip dari situs Melinda Hospital, kurang lebih 3-30 hari setelah bayi ¨mengonsumsi¨ spora bakteri Clostridium botulinum, biasanya bayi akan mengalami konstipasi/sembelit. Konstipasi akan berlangsung beberapa hari sampai minggu, dan akhirnya timbul gelaja lainnya seperti otot leher melemah, gerakan wajah atau ekspresi wajah berkurang, sulit makan dan menelan, dan tangisannya lemah diikuti anggota badan lainnya akan lemah dalam bergerak.

Racun ini tidak membahayakan bagi anak-anak dan orang dewasa, karena sistem pencernaan dewasa dapat memindahkan spora melalui tubuh sebelum menimbulkan bahaya, tetapi di dalam tubuh bayi, spora botulinum ini dapat tumbuh dan memproduksi racun.




Susu Sapi dan Susu Kedelai

Bayi kita tidak dapat mencerna protein susu sapi atau susu kedelai hingga usianya satu tahun. Susu sapi atau susu kedelai tidak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh si kecil, dan kedua jenis susu ini mengandung sejumlah mineral yang dapat mengganggu kerja ginjal bayi.

Pangan penyebab tersedak


Potongan buah atau sayur yang terlalu besar dapat membuat si kecil tersedak. Sayuran seperti wortel, seledri, dan kapri harus di parut, dihaluskan, atau di potong kecil-kecil sebelum diberikan. Potong buah-buahan seperti anggur, melon dalam ukuran kecil atau haluskan buah-buah itu. Nuts dan kacang-kacangan dalam bentuk yang keras perlu dihindari, hingga nanti si kecil punya molar atau gigi geraham untuk mengunyahnya. Hindarkan si kecil dari makanan yang kenyal (chewy) dan lengket saat dikunyah.

No comments:

Post a Comment