Monday 3 December 2012

Tomat, si Merah Sumber Umami Alami

Foto doc Wikipedia

Anda para juru masak, pasti kurang afdol jika tidak menambahkan tomat dalam hidangan sup, soto, atau sambal untuk melengkapi cita rasa masakan Anda.

Tomat banyak digunakan pada berbagai hidangan di berbagai kebudayaan, termasuk di Indonesia. Tomat segar yang ditambahkan dapat memberikan cita rasa yang lebih baik dalam masakan. Jika berbicara tentang kuliner nusantara, sederet hidangan dengan menggunakan tomat -baik sebagai bahan utama atau pelengkap, pasti langsung terlintas di pikiran, mulai dari sambal, soto, sop, hingga tumisan. Tomat merupakan sayuran buah yang cukup populer dalam hidangan Indonesia. Saat membuat tumis sayuran misalnya, setelah selesai menumis bawang merah dan bawang putih, potongan tomat pasti ditambahkan supaya tumisan lebih sedap. Atau saat membuat sup dan sambal, tomat juga ditambahkan sebagai pelengkap untuk meningkatkan cita rasa masakan.

Jenis tomat bervariasi, baik dari warna, bentuk dan ukurannya. Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang. Dari ukuran dan bentuknya, ada jenis granola (bentuknya bulat, dikenal dengan nama tomat buah), gondol (berbentuk lonjong oval, biasa untuk produksi saus), tomat sayur (buahnya padat untuk diolah dalam, masakan, dan tomat ceri (tomat ranti, berukuran kecil).

Selain berperan sebagai salah satu bahan dalam masakan, ternyata tomat memiliki peranan penting untuk ‘meningkatkan’ cita rasa masakan. Tanpa disadari, kehadirannya dalam masakan, seakan menjadi booster, menyulap makanan menjadi lebih sedap dalam sekejap.

Apa sih rahasia yang membuat tomat menjadi ‘pelezat’ dalam setiap masakan yang menggunakannya? Jawabannya, karena tomat mengandung glutamat. Tomat matang mengandung kadar glutamat tinggi yang menghasilkan cita rasa umami. Jadi tak heran, jika peranan tomat bisa membuat cita rasa masakan terasa lebih mantap, karena kadar glutamat dalam tomat mencapai 246 mg/100 gram. Tetapi tahukah, ternyata tomat tidak hanya sebagai bumbu pelengkap dan penguat rasa dalam masakan. Buah yang berwarna merah cerah ini ternyata memiliki segudang manfaat yang tidak hanya sebatas sebagai bumbu pelengkap. Konsumsi tomat dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tomat mengandung senyawa karotenoid yang bernama likopen. Likopen adalah salah satu zat pigmen kuning tua sampai merah tua yang termasuk kelompok karotenoid yang bertanggungjawab terhadap warna merah pada tomat. Senyawa karotenoid yang satu ini dikenal baik sebagai senyawa yang memiliki daya antioksidan tinggi, senyawa ini mampu melawan radikal bebas akibat polusi dan radiasi sinar UV. FIbuyu.


Published in Umami Indonesia

No comments:

Post a Comment