Saturday 9 June 2012

Urus Paspor Cepat, Pake Online Ajahh

Tanggal 22-26 Mei lalu kantor menugaskan saya untuk meliput acara di Guangzhou China, dan Oke, saya ambil kesempatan ini #untuk nambah pengalaman #first time aboard nii, hehe..

Pertama, saya tidak punya paspor dan harus mengurusnya maksimal 1 minggu jadi.
Karena pihak sponsor menginginkan copy paspor lebih cepat untuk segala pengurusan di China, maka saya juga harus mempercepat waktu pengurusan. Saya membutuhkan waktu yang lebih singkat, jika memungkinkan (tetapi harus!) kurang dari 1 minggu. Agak khawatir juga tidak bisa selesai tepat pada waktunya, karena yang saya dengar, pengurusan paspor paling cepat 1 minggu. 

Dan Alhamdulillah, ternyata paspor saya jadi dalam waktu 4 hari tanpa harus memakai jasa calo yang secara terang-terangan 'berseliweran' di depan mata menawarkan jasanya. Meskipun mereka menawarakan proses kilat pengurusan paspor, tetapi sayang kan..uang yang kita bayarkan tidak masuk ke kas negara..

Untuk membuat paspor lebih cepat, sebaiknya daftar secara online.
Buka http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp dan isi semua data yang diperlukan. Jangan lupa siapkan hasil scan KTP, KK, ijazah/buku nikah.
Setelah mendaftar online, datanglah ke ke kantor imigrasi yang telah Anda dipilih dan pada tanggal yang telah anda tetapkan (kantor imigrasi dan tanggal kedatangan dapat dipilih pada saat anda mendaftar online).
Bawa semua dokumen ASLI dan kopi-nya (KTP, KK, ijazah/buku nikah) dan print bukti anda telah mendaftar online (akan muncul setelah Anda setelah mendaftar online).

Serahkan pada petugas, dan dokumen Anda akan di verifikasi.
Pada hari yang sama, Anda akan melakukan sesi foto dan wawancara, jangan lupa siapkan uang untuk pembayaran paspor, yakni Rp 105.000 untuk paspor 24 halaman dan Rp 225.000 untuk paspor 48 halaman.

DAN.. 3 hari setelah melakukan sesi foto dan wawancara, paspor siap digunakan!

just for info:
- Bagi yang mau apply paspor di Bogor (kantor imigrasi II Bogor), datanglah sekitar jam 7 pagi untuk mengambil nomor antrian meskipun pelayanan baru dibuka pada jam 8.
- Karena waktu itu saya datang jam 7.30, saya mendapat nomor antrian 'GEDE', dan baru melakukan sesi foto dan wawancara pada jam 15.30 #seharian euyy, mangkal di imigrasi.. :(

## Happy Travelling ##





No comments:

Post a Comment